Kamis, 26 Mei 2016

Pendidikan ketrampilan hidup sehat PKHS

Adalah suatu cara belajar yang berorientasi pada ketrampilan selain materi pengethuan sehingga seseorang dapat mengimplemntasikan pengethuannya menjadi suatu ketrampilan untuk berperilaku hidup sehat, baik sehat secara fisik maupun mental/psikis.
Ketrampilan yang dimaksud adalah kemampuan psikososial seseorang untuk memenuhi kebutuhan dan mengatasi masalah dalam kehidupannya sehari-hari secara efektif.
pendidikan ketrampilan hidup sehat
ukskuto.blogspot.co.id
 10 KOMPETENSI PSIKOSOSIAL
1. EMPATI
    Yaitu kemampuan untuk memposisikan perasaan orang lain pada diri sendiri
2. KESADARAN DIRI
    Kemampuan untuk mengenal diri sendiri tentang karakter, kekuatan, kelemahan, keingnan dan
ketidakinginan.
3. PENGAMBILAN KEPUTUSAN
    Kemampuan yang dapat membantu kita mengambil keputusan secara konstruktif dengan membandingkan pilihan alternatif dan efek samping yang menyertainya.
4. PEMECAHAN MASALAH
    Kemampuan untuk dapat memungkinkan kita menyelesaikan masalah secara konstruktif
5. BERFIKIR KREATIF
    Kemampuan untuk menggali alternatif yang ada dan berbagai konsekuensinya dari apa yang kita lakukan
6. BERFIKIR KRITIS
    Kemampuan menaganalisa informasi dan pengalamannya secara objektif
7. KOMUNIKASI EFEKTIF
    Kemampuan untuk mengekpresikan diri secara verbal maupun non verbal yang mengikuti budaya dan situasi
8. HUBUNGAN INTERPERSONAL
    Kemampuan yang dapat menolong kita berorintasi secara seksama dan harmonis
9. MENGATASI EMOSI
    Kemampuan keterlibatan pengenalan emosi dalam diri sendiri dan orang lain
10. MENGATASI STRESS
    Penganalan sumber yang menyebabkan stress dalam kehidupan, bagaimana efeknya dan cara mengontrol terhadap derajat stress.

TAHAPAN PKHS
1. Komponen inti dari kompetensi psikososial
Pembelajaran pada segneb ini berorintasi pada praktek tentang hal yang berhubungan didalam kehidupan sehari-hari
2. Penerapan Ketrampilan
Segmen ini pembelajaran sesudah lebih terarah pada topik yang relevan dengan fakta masalah kesehatan yang muncul
3. Penerapan ketrampilan hidup yang lebih spesifik
Pada tingkat ini pembelajran sangat spesifik yaitu terhadap kondisi beresiko yang spesifik yang dapat menimbulkan masalah kesehatan 
PELAKSANAAN PKHS
A.  Pembelajaran materi kesehatan
Materi fisik antara lain :
1. Gizi remaja
2. Kesehatan Gigi dan gusi
3. Puasa dan Kesehatan
4. Kesehatan mata dan telinga
5. Hiegenitas fisik dan lingkungan
6. Bahaya NAPZA
7. Bahaya Rokok
8. Kesehatan Reproduksi remaja
9. Penyakit Menular melalui hewan
10. Penyakit yang biasa dialami siswa
11. Penyakit menular seksual 

MATERI sesuai SN PKPR
1. Pencegahan dan penangulanggan Anemia dan masalah Gizi
2. Tumbuh kembang remaja
3. Kesehatan reproduksi remaja
4. Pencegahan dan penangulangan masalah kesehatan jiwa
5. Pencegahan dan penangulangan penyalahgunaan NAPZA
6. Pencegahan dan penangulangan kekerasan
7. Pencegahan, Deteksi dan penangulangan ISR, IMS
8. Pencegahan, deteksi dan penangulangan HIV/AIDS
9. Pencegahan, deteksi dan penangulangan TBC
10. Pencegahan dan penangulangan kecacingan
11. Skrining status TT bagi remaja
12. Pencegahan dan pengangulangan kehamilan pada remaja 

MATERI KESEHATAN PSIKOLOGIS DAN SOSIAL 
1. Psikologis remaja
2. Bahaya NAPZA dari segi aspek HUKUM dan PSIKOLOGIS
3. Pemahaman diri
4. Kepribadian dan konsep diri
5. Teknik konseling / terapi psikologis
6. Mengatur waktu
7. Permasalahan yang biasa dialami remaja
8. Pergaulan sehat
9. Perilaku konsumtif

B. Penjaringan masalah
> Pelaporan
> Sistem angket

C. Metode pelaksanaan PKHS
> Ceramah, Curah pendapat, Diskusi
> Bermain peran, Similasi atau Demonstrasi

D. Reveral / rujukan
Keterbatasan yang ada disekolah memungkinkan bayak kasus yang terjadi tidak dapat diselesaikan melalui pendidikan ketrampilan hidup sehat  atau konselor disekolah sehingga diperlukan rujukan kepada lembaga yang lebih kompeten dalam aspek psikososial.